Cari Blog Ini

Rabu, 24 Maret 2010

PERUBAHAN BENTUK

(smpn9cimahi) "Distorsi"
Ada tiga perubahan bentuk dalam membuat desain motif hias dasar atau ragam hias, diantaranya ; - Deformasi adalah penyederhanaan bentuk yaitu menyederhanakan bentuk bentuk alam seperti binatang atau tumbuhan ke bentuk yang paling sederhana,  
- Stylasi atau gaya, penggayaan, merubah bentuk menjadi lebih gaya atau berfariasi dalam hal ini bentuknya lebih banyak ditambahkan seperti pada contoh kain batik.
- Distorsi; perubahan bentuk yang menyerupai  atau lebih banyak ke "bentuk abstrak" bentuk yang alami atau dibentuk dulu lebih bebas dan lain lain.
Pada prakteknya siswa membuat dari bahan cat kayu atau cat besi yang dicampur dengan terpentin atau tinner, kemudian diaduk dan ditumpahkan di atas air lalu dicetak pada selembar kertas. hasilnya akan terbentuk ketika saat itu juga.
    Jika ingin melakukannya, kesatu cobalah ambil satu warna dahulu misalnya cat kayu warna "kuning" tumpahkan  sedikit saja !, jangan terlalu banyak . Biar cepat kering dicampur dengan minyak tinner  dan diaduk di dalam gelas bekas minuman plastik, lalu tumpahkan  di atas permukaan air yang sudah disiapkan sebelumnya.  kedua ambil warna yang berbeda "biru", lakukan lagi seperti kesatu, begitu juga warna ketiga "merah". sekarang ke tiga warna sudah dalam keadaan tercampur di atas permukaan air, lalu aduk aduk dengan hati hati yang penting ke tiga warna tersebut telah berbaur satu warna dengan yang lainnya sesuai dengan keinginan kita.
proses yang paling penting adalah  pada saat mengaduk cat di atas air, maka hasilnya akan terlihat  pada kertas, yaitu proses terakhir dengan cara mencelupkan kertas ke atas pemukaan cat yang berada di atas air, lalu diangkat pelan pelan sehingga cat menyerap terlebih dahulu ke permukaan kertas lalu dibalikkan. selesai pekerjaannya mudah kan.
     
    Inilah salah satu gambar hasil kegiatan praktek membuat distorsi, jika ingin lebih bagus hasilnya tinggal bagaimana kita bereksperimen warna, mungkin warnanya lebih dari 3 warna, 4 warna dan seterusnya.
    Gambar di atas menunjukkan kegiatan praktek siswa kls VIII .
    Gambar di bawah salah satu hasil kegiatannya.
selamat mencoba !!
    Coba bandingkan dengan lukisan abstrak
Lukisan berjudul "Revolusi Otak" karya Harlen Kurniawan ini disebut AA Nurjaman sebagai lukisan abstraksi

1 komentar: